Khasiat Dan Efek Samping Bawang Merah

Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Sunan-nya dari Aisyah رضي الله عنه bahwa ia ditanya tentang bawang merah. Aisyah menjawab, : Makanan yang teakhir kali dimakan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم, mengandung bawang merah.

Diriwayatkan dengan shahih dalam Shahih Al Bukhari dan Muslim bahwa bila seseorang memakan bawang merah, ia tidak boleh masuk masjid. Bawang merah memiliki sifat panas pada tingkatan kedua, disamping juga memiliki sifat lembab berlebihan.

Khasiat Bawang Merah

Mencegah bahaya air yang sudah berubah bentuk dan rasanya, mengusir bau beracun, memancing selera makan, memperkaut lambung, membangkitkan gairah, memperbanyak hormon, membaguskan warna kulit, menghilangkan dahak serta membersihkan lambung.

Bagian tengahnya dapat menghilangkan panu, bila dibaluri pada sekitar bagian yang terserang penyakit alopecia bisa bremanfaat sekali. Bil dicampuri dengan garam, dapat menghilangkan ketombe, bila dihirup baunya oleh orang yang baru minum obat pencahar, bisa mencegah mual dan muntah serta menghilangkan bau obat tersebut. Bila airnya digunakan sebagai ‘gurah’, bisa membersihkan kepala. Bisa juga diteteskan ketelinga bila sulit mendengar atau berdengung, mengeluarkan nanah atau kemasukan air. Bau pedas yag menyebabkan keluarnya air mata juga berguna sekali. Bagian tengahnya baik sekali dipakai bercelak bila dicampurkan dengan madu untuk memperbagus bagian putih mata.

Bila dimasak, bawang merah juga mengandung banyak gizi, berguna mengobati penyakit kuning, batuk dan sesak napas, bisa memperlancar buang air kecil dan melunakan buang air besar. Berkhasiat juga mengobati gigitan anjing (tapi bukan anjing gila) bila dibalurkan air perasannya ditambah sedikit garam pada bagian luka. Bahkan dibalurkan di dubur membantu membuka lubang bawasir (ambeien).

Efek Samping Bawah Merah

Bawag merah bisa menyebabkan migran, kepala pusing menyebabkan masuk angin dan menggelapkan pandangan mata. Terlalu bnyak mengonsumsinya bisa menyebabkan penyakit ‘pelupa’, merusak akal dan merubah bau mulut, di samping juga mengganggu sesama manusia bahkan para malaikat.
Cara mengatasinya adalah dengan memasak sehingga seluruh bahaya tersebut bsia dihilangkan.
Dalam As-Sunan disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan orang yang hendak mengonsumsi bawang merah dan juga bawang putih agar mematikan efek sampingya dengan cara memasaknya. Bau bawang merah juga bisa hilang dengan mengunyah buah rue.

Di salin dari kitab “METODE PENGOBATAN NABI صلى الله عليه وسلم “ oleh Imam Ibnu Qayyim, penerbit Griya Ilmu. (hal. 354-355)
Penghasilan tambahan hanya bermodalkan Hp & Tablet Android ( $ 5 - 10 Per Hari)

0 komentar:

Copyright © 2013 Artikel As-Sunnah.