Adakah Orang Selain Orang Islam Masuk Surga?!

Oleh: Ust. Izzudin Karimi, Lc

Tanya:


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

Halo Pak Ustadz saya mau bertanya:

1. Menurut Al-Qur'an/ Hadist apakah ada orang kristen/ nasroni yang akan masuk surga?

2. Orang-orang yang kafir/ orang diluar islam besok di akhirat apakah kekal di dalam neraka?.Bagaimana yang dari sejak lahir hingga mati memang tidak pernah mengenal islam?

3. Apakah yang harus saya lakukan bila saya di undang oleh kerabat/ teman
sepekerjaan saya untuk menghadiri hari besar agamanya/ natal? Kalo menghadiri apa hukumnya? Kalo tidak datang saya harus bicara gimana?. Saya hanya menghormati teman saya tersebut, dan tidak ingin menyakiti hatinya.

4. Apa hukumnya mengucapkan Selamat Hari natal?

Wassalamu'alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya : M.Jimanto


Jawab:

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

1- Menurut al-Qur`an dan hadits hanya orang mukmin atau muslim yang masuk surga.

2- Orang-orang kafir kekal di neraka selama-lamanya. Apa iya ada orang yang sejak lahir tidak mengenal Islam?

3- Hari Raya mereka adalah kebatilan, seorang muslim tidak patut menghadirinya karena hal itu bisa menjadi wujud pengakuan terhadapnya. Bilang saja kepadanya, agama saya tidak membolehkan.

4- Tidak boleh.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .

sumber http://alsofwah.or.id

45 komentar:

  1. Wah... Sorry sebelumnya bro, tapi kalau pendapatku Pak Ustadznya masih perlu lebih mengenal Islam lagi... Pandangan atau Inti ajaran seperti yang dikatakan Pak Ustadz tersebut hanya akan membawa kita pada ajaran yang salah dan pada akhirnya "tersesat" seperti teroris-teroris yang berkeliaran di negeri kita ini. Semua orang sesungguhnya bisa masuk Surga, asalkan mereka percaya pada mukjizat Allah, memiliki hati yang bersih (jauh dari rasa iri, dengki, dendam, amarah, nafsu, dll), dan saat masih hidup didunia ini banyak melakukan amal Ibadah dan kebaikan serta bertobat dijalan Tuhan... Mengapa begitu? Karena Surga adalah tempat berkumpulnya makhluk-makhluk (ingat "makhluk" yang berarti bukan cuma manusia) yang percaya Tuhan dan banyak melakukan kebaikan disertai hati yang tulus nan bersih... ingat, kita menuai apa yang kita tanam... jadi jika kita menuai kebaikan kita akan mendapatkan tempat yang indah disisi-Nya, sedangkan jika yang kita tuai adalah kejahatan, syirik, dengki, dll maka akhirnya yang akan kita dapat adalah siksaan api Neraka yang panasnya luar biasa jauh dari yang bisa kita bayangkan...

    BalasHapus
  2. Saya meyakini kebenaran Pak Ustadz...

    BalasHapus
  3. kepada yg tidak memakai nama
    tolong jelaskan di ayat mana allah menjelaskan bahwa semua mahluk bakal masuk surga kalau melakuakan kebaikan

    BalasHapus
  4. assalaamu'alaikum

    @anonim : coba jelaskan apa makna, syarat-syarat, rukun-rukun, konsekwensi dan pembatal-pembatal kalimat Laailaha ilallah !

    'afwan ... sebab ana mendeteksi dari pernyataan komentar antum sejalan dengan gaya pemikiran barat orientalis [SePiLis : Sekulerisme, Pluralisme dan Liberalisme].

    Tolong dikoreksi bila ana tersalah.
    barakallahu fiikum

    BalasHapus
  5. saya setuju dengan ustadz....
    di Alqur-an sendiri telah dijelaskan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo alquranmu iku ngawur,bukti'e org islam skrg banyak masuk kristen kok,

      Hapus
    2. @Anonim: Diberitahu yg benar sesuai dalil kok ngeyel? Coba dibaca lagi Al-Quran-nya dan As-Sunnah-nya dengan pemahaman salaf . Kalau cuma googling saja, bahaya krn banyak info gak jelas / menyesatkan. Pahami dulu tauhid yg benar. :)

      Hapus
  6. @Margoman, Islam itu ada sejak jaman nabi Adam, Nuh dan seterusnya sampai dengan Nabi Muhammad SAW, sebenarnya agama yang tusun itu semua adalah islam. Setiap Nabi yang di utus akan membawa syariat, dan setiap umatnya harus patuh terhadap syariat Allah yang di bawa oleh utusan Allah.
    Umat nabi Musa AS akan masuk surga bila dia patuh kepada Allah dan Nabinya, namun setelah Nabi Isa turun maka semua umat harus patuh terhadap syariat yang di bawa Oleh nabi Isa AS dan orang itu bisa masuk surga, apabila orang itu patuh dan meninggalkan syariat nabi Musa, karena sudah ada syariat baru. Begitupula setelah Nabi Muhammad SAW turun, maka semua umat harus patuh terhadap syariat yang Beliau bawa, dan meninggalkan syariat Nabu Musa dan Isa. KARENA NABI MUHAMMAD SAW YANG TERAKHIR PEMBAWA SYARIAT, MAKA UMAT YANG HIDUP DI JAMAN NABI MUHAMMAD SAW DAN SETELAHNYA HARUS PATUH KEPADA BELIAU, DAN MENINGGALKAN SYARIAT NABI MUSA AS DAN ISA AS. BARULAH DIA BISA MASUK SURGA dengan catatan Umat itu bertaqwa kepada Allah dan menjalankan Rukun Iman dan Islam secara benar.

    BalasHapus
  7. Nonmuslim yang “tidak melihat kebenaran dan keutamaan ajaran Islam” lantaran “kelemahan para da’i yang tidak menyampaikan ajaran Islam secara utuh dan benar” bisa saja masuk surga dan selamat dari azab neraka. Lihat http://menurutislam.wordpress.com/2010/07/30/nonmuslim-yang-masuk-surga-menurut-ulama-muhammadiyah/

    BalasHapus
  8. buat Margorangga

    aku paling risih kalo ada yg bilang agama islam itu udah ada sejak zaman nabi adam. dari mana datanya?????? kita ngomong secara intelek aja deh..mka kamu ga akan mnemukan bukti2 sjrh kaya yg kmu blang!

    1) pada zaman adam, blum ada dikenal agama. yang ada hanya pengenalan akan Tuhan yg satu..yg lgsg dilihatnya dgn mata. ga ada Tuhan laen..tdk ada alasan utk mnciptakan satu aliran agama.

    2) pada zaman musa (kr2 1500 sM), kpercayaannya kpda Tuhan yg sama, cma kali ini dikenal dgn nama "Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub." ini adlh cikal bakal Yudaisme atau AGAMA YAHUDI.
    (kecuali kmu bersikukuh bhw Musa adlh org Arab...trsrah kamu)

    3) pda zaman Isa As (abad pertama), agama Yahudi msih brlanjut, hanya terpecah..ada yg mnruskan agama Yahudi murni sprti pd zaman Musa, tp ada yg menerima Isa sbg penggenapan dr agama Yahudi..itulah Nasroni.

    4) bru pada ABAD KE-7 mncul seseorang dr Arab brnama Muhammad, yg mengaku sbgai nabi yg mnympurnakan agama Yahudi maupun Nasroni..itulah ISLAM.

    anda tdk akan menemukan peninggalan sejarah yg mnyebut2 nama ISLAM sblum abad ke-7..jdi jgan lagi bilang islam uda ada sjk zman nbi Adam. setuju???? malu-maluin...!!

    (by the way..Adam bukan seorang nabi. dia hnyalah manusia pertama)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pe a ♥★˚*•(*)Îγα(*)•*˚♥★ yang nyebut adam bukan nabi, dia orang pertama sekaligus utusan allah ( nabi ) pertama.dan dia bapak daria semua orang yang ada di bumi allah menurunkan 1 wanita (hawa) dan 1 laki(adam)

      Hapus
  9. @4902362786480393215.0
    Adam itu nabi
    anda jgn sok tau dlm agama
    harus berdasarkan dalil

    BalasHapus
  10. buat mas Admin:

    tergantung kpada bgmna anda mendefinisikan apa kata nabi. yang aku tahu, nabi adlh seseorang yg scra khusus dipilih & ditetapkan oleh Tuhan utk mnjadi jurubicara-Nya. Tugasnya jlas... menyampaikan pesan2 khusus dlm kondisi dan konteks tertentu. simpelnya,dlm suatu konteks tertentu, dia MENJADI WAKIL TUHAN. contohnya: Musa, yg memang scra khusus bawa pesan dr Tuhan utk org Israel.

    tapi Adam???? adam mmg org yg knal Tuhan,tp g ada mandat2/pesan2 kenabian khusus yg diembankan kepadanya. Dawud jg bukan nabi..dia raja yg cinta Tuhan. tdk pula Sulaiman..tdk pula Ibrahim...
    Mereka semua ini,skali lagi, cinta Tuhan & bahkan pnya pengalaman spiritual brsama Tuhan. tpi hal itu tdk srta merta menjadikan mereka msuk dlam golongan nabi bgitu saja.



    bgaimana dgn pndapat anda...apa yg mnjadikan ADAM adlh seorang nabi??

    BalasHapus
  11. Kpd Elia
    kamu bicara sperti itu karena kamu percaya akan Tuhan kan? Dan Tuhan yang kami percayai adalah Allah SWT, dan Dia menurunkan kitab Al-Qur'an. Dalam Al-Qur'an diberitahukan mengenai kenabian Nabi Adam, Daud, Ibrahim, dll secara jelas. Apa kamu meragukan Al-Qur'an? Kalau begitu, silahkan baca artikel di Harunyahya.com dimana dia menguji kebenaran Al-Qur'an dan alhamdulillah, tidak ada keraguan baginya (Al-Qur'an)

    BalasHapus
  12. hi hi pak Ustadnya tegas. Nah sekarang tergantung umat Islamnya nih mau ngikutin ulama yang penuh ilmu agama atau sangkaan dan pikiran sendiri yg kadang disusupi bisikan setan.

    BalasHapus
  13. hahaha,dasar ustad kafir,lalu bagaimana dengan manusia yang hidup sebelum agama itu muncul??

    Apa dia mati kemudian masuk neraka?
    emang ente pernah ngecek isinya surga itu orang2 islam semua?

    Kalo mengucapkan selamat hari raya pada orang yang berkeyakinan lain itu namanya tenggang rasa mas,menghormati kebebasan beragama orang lain,wah ketahuan si pak ustad gak sekolah dulunya nih ngasi jawaban

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anonim
      jadi kesimpulannya: tetap menghormati kebebasan dalam beragama, tetapi dlm masalah aqidah, tetap tidak bisa dilakukan, sebab ajaran kristen tidak ada ajaran semacam ajaran islam, makanya ajaran kristen sangat meragukan. kalau tidak meragukan, harus tegas kepada agama lain..buktinya orang-orang kristen mengucapkan idul fitri. itu artinya: orang-orang kristen ragu dalam agamanya, bahwa agamanya yang benar..waallahu a'lam.terima kasih

      Hapus
  14. @admin
    @Assalamualaikum wr.wb
    Saya ada inget beberapa dasar untuk jaqwab pertanyaan itu..tapi samar samar saya masih ngumpulin dan saya br ketmu ustadz hari sabtu ini untuk bisa nanyain.. kalo jawaban dari dia sih sudah sama quran dan hadist shahih.. untuk sementara pendapat gw(berdasarkan ingatan yg samar2..
    1. 'Allah tidak akan Dzalim thdp hambanya.." dan "pada Akhirat nanti Allah akan menegakkan MIZAN (timbangan) setegak2nya (seadil2nya)
    2. "Allah tidak akan menghukum hamba sebelum menurunkan utusan(rasul/nabi)
    3. Allah mengampuni siapa yg Dia kehendaki dan menyiksa siapa yg Dia kehendaki..serta Rahmatnya(kasih sayangNya) mendahului murkaNya..
    3. Nabi dan rasul yg dikabarkan kepada kita hanya 25 sedangkan jumlah nabi yg diturunkan ALLAH banyak sehingga ada kemungkinan pada umat tertentu ada risalah(ajaran tauhid) dr ALLAh yg kita tidak ketahui..(hanya saja setelah Rasulullah Muhammad saw tidak ada nabi lagi)
    4. Salah satu hadis yg gw tau berkaitan dgn ini (tp masih dicari sumber nya,insya ALLAH shahih) 'barang siapa yg meninggal dan dia telah "mendengar risalah ku (al Islam)" namun dia tidak mau beriman kepada ALLAH dan rasulnya maka dia akan dimasukan kedalam neraka..
    5. al Baqarah ayat 286. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.

    sedangkan pertanyaan anda TERFOKUS PADA : adalah apakah orang yg tidak tahu "SAMA SEKALI" ...secara Awam gw berkesimpulan bahwa mereka tidak terkena beban melebihi kemampuan mereka (mereka tdk tahu sama sekali) dan belm mendengar risala Al Islam (lihat point 4) sehingga mereka tidak termasuk orang2 yg bersalah karena tidak berislam..

    tapi mengenai balasan di akhirat saya berkeyakinan bahwa: Memberikan Surga serta Neraka adalah Hak ALLAH , (lihat point 3) "dan Cukuplah Allah Sebagai sebaik2nya Hakim (pemberi keputusan)

    insya ALLAH saya tanyakan pendapat orang yg lebih mengerti (ustadz saya) hari sabtu nanti..

    Wallahu a'lam, Wallahu musta'an (Allah yg maha mengetahui dan Allah yg maha menolong)
    Wassalamualaikum Wr WB..

    BalasHapus
  15. laillaha'illallah wa'ashaduannamuhammadarosulullah...
    tiada tuhan selain allah,dan muhammad adalah rasul NYA.
    jangan terlalu banyak men-debatkan masalah agama,setan selalu ada untuk memancing kita ketika kita membaca ini,
    subhanallah..

    BalasHapus
  16. Subhanallah,,, yang umat muslim/islam sebaiknya jangan ladenin postingan2 orang kafir ini,, ,, sebab bagi yang imannya belom kuat ,, akan dapat menggoyangkan keimanan,, astagfirllah,,, ,, pan uudah di jelasin dalam alqur'an (untukku agamaku untukmu agamamu,,,)
    assalamuallaikum wr, wb,,

    BalasHapus
  17. bnr dgn apa yg dkatakn oleh tmn kt yg trakhr, kt jgn mmperdbtkn mslh ini trlalu dlm krn kt sj blm psti masuk syurga ato tdk. Intinya mr kt koreksi dr msing2 apa yg prlu dprbaiki. Trmksh wassalm

    BalasHapus
  18. @cahya : bener banget tuh "untuk ku agama ku , untuk mu agama mu"
    Yang penting berperilaku sesuai agama masing-masing :)

    BalasHapus
  19. you and me go heaven22 Juni 2012 06.20

    - Gelar sarjana, magister dan doktoral di bidang sejarah dan budaya Islam dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

    - Peringkat kedua di dalam kelas dari 6.000 siswa saat lulus dari strata 1. Peringkat ini berdasarkan nilai kumulatif dari ujian tertulis dan lisan pada setiap akhir masa ajaran.

    - Salah satu pengajar termuda yang pernah bekerja di Al-Azhar. Ia mulai mengajar setelah lulus paska sarjana dan selama menyelesaikan studi doktoral.

    - Profesor terbang. Universitas mengirim dia ke negara-negara Timur Tengah sebagai dosen sejarah Islam.

    BalasHapus
  20. YANG PASTI TUHAN HANYA SATU..ALLAH SUBHANAHU WATA'ALA. SURGA & NERAKA MILIK NYA. SUDAH TERBUKTI ORANG2 KAFIR SURGANYA DI DUNIA KARENA LIHAT SAJA DI BARAT ORANG2 TIDAK MENGENAL AURAT,TEMPAT JUDI DILEGALKAN,SEX BEBAS,SEMUA KESENANGAN DUNIA DILEGALKAN. SAMPAI2 PERAMPASAN TANAH & PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN ISRAEL DIDUKUNG PENUH NEGARA BARAT. SILAHKAN SURGA KALIAN KAUM KAFIR DI DUNIA. ALLAHU AKBAR !

    BalasHapus
  21. Belajar islam jangan hanya kulitnya saja, jangan hanya syariat saja, aturan-aturan saja, tetapi merenungi dan mencari makna tersirat yang hendak diajarkan Allah. Belajar syariat(kulit) saja hanya akan membuat pertentangan-pertentangan karena banyak aturan yang telah dimodifikasi oleh manusia2. Sebagai makan buah, "pilih yang berkulit baik, berwarna sempurna, kemudian kupaslah, simpan kulitnya, selanjutnya selamat menikmati rasa sejati dari buah itu" namun begitu, jangan lupa bahwa terkadang terdapat buah yang dari luar terkesan angker, buruk, tidak indah, namun setelah memakan isinya luar biasa tanpa tandingannya. Memang sangat sulit melakukannya, tetapi jangan membuatnya sulit...Semoga Allah membimbing kita

    BalasHapus
  22. ISLAM AGAMA KU ,ALLAH SWT TUHAN KU ,AL-QURAN KITAB KU,MUHHAMADD SAW NABI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa saja yg beragama selain islam semoga kalian mendapat hidayah Allah SWT. smuanya sudah dijelaskan dalam Alquran secara tegas dan gamblang.

      Hapus
  23. Elia..
    ente ngacau ya,yg komen dsini cuma orang yg beriman kpd allah swt dan rasul allah serta percaya dan meyakini alquran bukan meyakini koran dll..

    BalasHapus
  24. Wahai saudara2 ku se'islam..
    Janganlah saling menyalahkan satu sama yang lain....! karna yang kalian debatkan itu jawabanya ada dalam al'quran nul karim...

    BalasHapus
  25. Semua jawaban kalian itu ada dalam al'quran nul karim....

    BalasHapus
  26. berlomba-lombalah dalam [berbuat] kebaikan” (QS al-Baqarah [2]: 148)

    BalasHapus
  27. saya lebih cocok dengan pak ustat dalam hal ini...

    BalasHapus
  28. dalam hal ini saya lebih setuju dengan pak ustat... Dan kepada saudara muslim semoga kita selalu di beri petunjuk jalan yang benar tentang keislaman kita... Amiiiin

    BalasHapus
  29. sy setuju pd pak ustaz soal ibadah lakum dinukum walyadin.didlm surat maryam ayat 71 bahwa tak ada seorangpun dari jalian yg tak mendatanginya nerka.ini sunnatullah.tapi surat ali imran 91 mengatakan kebaikan orrg yg bukan islam dan mati dlm kekafiran walaupun salah seorang diantara mereka mempunyai kebaikan sebanyak emas sebesar dunia tiadalah diterima Alloh .bagi mereka azab jahannam. Sy kira mungkin saja org kafir masuk surga tapi masuk neraka dulu berjuta juta tahun atau untuk menghabiskan dosa dosanya bukankah ini seperti kekal?sy kira org2 islam yg paling bertaqwa yy lebih dulu masuk surga.kalo org islam nggak bertaqwa sama saja belakangan mssuk surga.karena afa ayat dlm surah al hadid ayat 21'yg mengatakan belomba lombalah kalian ke surga yg luasnya seluas langit dan bumi.maksud berlomba lombalah disini .berarti sebagai contoh org lomba lari tentu ada yg nomer awal dan akhir menuju ke finish.s y kira demikian.surga neraka adalah urusan Alloh.lihat siapa yg masuk surga ?banyak ayat dlm alquran yg mengajarkan bagaimana masuk surga.salah satunya adalah surah qof ayat 31.dan32.dan orgygmaumencintohkehidupanrasullahMuhammad sawdan para sahabatdan keluargabeliau.danistri2beliau.insya Alloh. Wassalam.

    BalasHapus
  30. menurutku pak ustaz 80 persen benar.lakum dinukum walyadin.org kafir kekal di neraka.soalnya mereka pada biadab. Ada yg baik tapi jarang. Org kafir yg baik ini yg mungkin ada harapan kesurga. Jika org islam yg tak ber taqwa pun sy kira mampir dulu keneraka.org kafir apalagi jika ada kemungkinan masuk surgapun tipis sangat atau tipis sekali .mungkin jika semua org ke surga pun .pasti semua pada mampir neraka dulu menghabiskan dosa dosa kita. karena.sebaik apapun manusia itu pasti pernah nggak taat sama Alloh atau pernah buat jahat. Kecuali rasullullah.dan sejahat apapun manusia itu pasti pernah buat baik.tapi sy kira org islamlah yg bertaqwa pada Allohlah.yg masuk surga lebih awal.

    BalasHapus
  31. @ELIA mungkin hari kiamat yang akan membuat anda sadar apa arti ISLAM yang sebenarnya

    BalasHapus
  32. Alloh tidak akan mengampuni dosa syirik, dan jelas selain muslim adalh orang orang yang menyekutkan Alloh.dan ini adalah janji Alloh (poin pertama),
    poin ynang kedua, Alloh sudah tegaskan dalm Al_qur'an dalam banyak ayat., dan salah satunya dalam surat Al_arf ayat 40."sesungguh nya orang oraang yang mendustakn ayat ayat Alloh tidak akan di bukakan pintu langit dan pintu surga.hingga unta bisa masuk kedalm lubang jarum.
    jadi mustahil dan tidak ada tempat untuk orang orang selain uslam di surga.

    BalasHapus
  33. Berikut yang saya kutip dari http://www.islam-qa.com/id/4203

    Adapun berita gembira yang kedua adalah bahwa jumlah ahli surga dari ummat ini dua pertiga (2/3) dari seluruh jumlah ahli surga, maka jumlah ummat Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam yang masuk surga lebih banyak dibanding jumlah seluruh ummat yang lalu. Berita gembira ini datang dari Nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam dalam sebuah hadits ketika beliau bersabada kepada para sahabatnya pada suatu hari,

    "Ridhakah kalian, kalau kalian menjadi seperempat (1/4) dari penduduk surga?"Kami menjawab, "Ya."Beliau berkata lagi, 'Ridhakah kalian menjadi sepertiga (1/3) dari penduduk surga?"Kami menjawab, "Ya."Beliau berkata lagi, 'Ridhakah kalian menjadi setengah (1/2) dari penduduk surga?"Kami menjawab, "Ya."Beliau berkata lagi, "Demi Allah yang jiwaku ada dalam tangan-Nya, sesungguhnya aku berharap kalian menjadi setengah (1/2) dari penduduk surga karena surga tidak akan dimasuki kecuali oleh jiwa yang muslim dan tidaklah jumlah kalian dibanding ahli syirik kecuali seperti jumlah bulu putih pada kulit sapi hitam atau seperti bulu hitam pada kulit sapi merah." [HR. Bukhari 6047]

    Kemudian Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam menyempurnakan berita gembiranya kepada kita dalam hadits shahih yang lain. Beliau berkata,

    "…, Ahli surga 120 shaf, 80 shaf di antaranya dari ummatku, dan 40 shaf lagi dari ummat lainnya." [HR. Tirmidzi 3469,lalu Tirmidzi berkata, "Ini hadits hasan."]

    Maka kita memuji Allah atas nikmatnya dan kita memohon karunia dan rahmat-Nya, dan semoga Dia menempatkan kita di surga dengan upaya dan anugrah-Nya, dan semoga Allah melimpahkan shalawat kepada Nabi kita Muhammad.

    BalasHapus
  34. buat mbak elia atau siapapun yang meragukan islam dan kitabnya .. semoga dibuka hatinya :)

    BalasHapus
  35. Benar kata pa ustad.saya setuju saja dia tau agama.

    BalasHapus
  36. http://surgabenar.blogspot.com/2013/02/al-quran-membuktikan.html

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum pak Ustadz

    BalasHapus
  38. Ayo semua belajar Alquran dan Hadits minimal one day one ayat lah

    BalasHapus
  39. saya risih dengan beberapa komentar-komentar di atas, Pesan saya sebagai umat muslim, untuk komentar-komentar yang kurang jelas. Baca, Pahami dan Amalkan isi didalam Al-Quran . Kehidupan Manusia dari Sejak kita sebelum lahir sampai kita meninggal semua ada di dalam Al-Quran, Sungguh kalian jangan terlalu percaya diri dan sombong akan pendapat kalian yang belum tentu kebenarannya..

    BalasHapus

Copyright © 2013 Artikel As-Sunnah.