Cara Mengobati Kesurupan Jin

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ
“Sesungguhnya setan itu dapat berjalan pada tubuh anak cucu Adam melalui aliran darah.” (HR. Al-Bukhari, Kitab Al-Ahkam no.7171 dan Muslim, Kitab As-Salam no. 2175)
Fenomena kesurupan masih mengundang perdebatan hingga saat ini. Kalangan yang menolak, (lagi-lagi) masih menggunakan alasan klasik yakni “tidak bisa diterima akal”. Semoga, kajian berikut bisa membuka kesadaran kita bahwa syariat Islam sejatinya dibangun di atas dalil, bukan penilaian pribadi atau logika orang per orang.

Tapi kita sebagai orang islam harus percaya akan adanya alam ghaib.

Pengobatan terhadap orang yang kesurupan jin mempunyai dua bagian :

1. Pencegahan kesurupan

Di antara upaya pencegahan adalah dengan menjaga semua larangan, taubat dari segala macam kesalahan dan dosa, juga membentengi diri dengan beberapa dzikir, do’a dan ta’awwudz yang di syariatkan.

2. Pengobatan Kesurupan

Yaitu dengan cara seorang muslim –yang hatinya sejalan dengan lisan dan ruqyahnya- membacakan bacaan bagi orang yang kesurupan. Dan pengobatan dengan ruqyah yang paling ampuh adalah dengan surat Al-Fatihah, 1 ayat kursi, dua ayat teakhir surat Al-Baqarah, Qul Huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas), Qul A’uudzubirabbil Falaq (surat Al-Falaq), dan Qul A’uudzubirabbin Naas (surat An-Naas), dengan memberi tiupan pada orang yang kesurupan dan mengulangi bacaan tersebut sebanyak tiga kali atau lebih, dan ayat-ayat Al-Qur’an lainnya.1 Sebabseluruh isi Al-Qur’an adalah penyembuh bagi apa yang ada di dalam hati, penyembuh, petunjuk, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Dalam pengobatan ini diperlukan adanya dau hal, yaitu :

Pertama, dari pihak orang yang kesurupan jin, yakni berkaitan dengna kekuatan dirinya, kejujuran tawajjuhnya (menghadap) kepada Allah عزوجل, ta’awwudz yang benar yang sejajar antara hati dan lidahnya.

Kedua, dari sisi orang yang beruapaya mengobatin, di mana dia pun harus demikian, karena senjata yang dipergunakan itu minimal harus seimbang dengan senjata lawan. 3

__________________
1. Lihat Sunnan Abi Dawud no. 3420, 3896, 3897, 3901, Ahmad V/210, dan lainnya dari Hharijah bin ash-shalt رضي الله عنه, lihat Silsilah al- Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 2027)

2.
Lihat al-Fat-hur Rabbani, Tartiibu Musnad al-Imam Ahmad XVII/183.

3.
Lihat mengenai bacaan ruqyah yang panjang dan bermanfaat dalam kitab, Wiqaayatul Insan minal Jinni was-Syaithan (hal. 81-84), juga Ash-Shaarimul Battaar (hal. 190-117), karya Syaikh Wahid ‘Abdus Salam Baali. Lihat juga Zaadul Ma’ad IV/66-69, serta Iidhaahul Haqq fii Dukhuulil jinni bil Insi war Radd ‘alaa Man Ankara Dzaalik, karya al-‘Allamah ‘Abul Aziz bin ‘Abdullah bin Baaz( hal. 14). Dan Fataawa Ibni Taimiyah XIX/ 9-65 dan XXIV/276. Demikian juga al-Wiqaayah wal ‘Ilaaj minal Kitab was Sunnah, karya Muhammad bin Syay’i (hal. 66-69). Selain itu juga lihat juga cara mengusir jin dari rumah, dalam kitab al-Wiqaayah wal ‘Ilaaj, Muhammad bin Syaay’I (hal. 59). Dan juga ‘Aalamul jinni wasy Syayaathiin, karya al –Asyqar (hal. 130)

Sumber Refrensi
Do’a & Wirid – Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Dengan sedikit tambahan
Penghasilan tambahan hanya bermodalkan Hp & Tablet Android ( $ 5 - 10 Per Hari)

32 komentar:

  1. bagaimana dengan kalangan masyarakat modern yang tidak mempercayai adanya hal-hal gaib di belahan bumi bagian barat sana?? sungguh minim pernyataan bahwa manusia bisa mengalami kesurupan

    bisa d jelasin gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, tujuan sebangsa jin dan siluman merasuki raga manusia itu tidak lain untuk melancarkan tipu muslihatnya kepada kaum muslim agar keyakinan para muslim itu pudar dan akhirnya menuju ke arah kemusyrikan... pertanyaannya kenapa orang2 barat/ non muslim disana jarang terdengar kesurupan, ditegaskan lgi gan bahwa sebangsa jin kafir dan golongan iblis itu hanya bertugas mengganggu dan menggoda orang yang berpegang teguh di jalan kebenaran yaitu islam... orang2 non muslim itu jauh dari kata beriman kepada allah karena mereka memeluk agama yang salah... otomatis buat apa sebangsa jin kafir menggoda orang yang tidak mempunyai keimanan seperti layaknya kaum muslim???

      Hapus
  2. saya mau taua sama antum, kamu orang islam bukan. kalau iya pasti percaya dunp perkataan kallamullah dan rasulullah
    ini dalil dari Al-Quran.

    (yaitu) mereka yang beriman[13] kepada yang ghaib[14], yang mendirikan shalat[15], dan menafkahkan sebahagian rezki[16] yang Kami anugerahkan kepada mereka.
    Surat Al-Baqarah : 3


    [13]. Iman ialah kepercayaan yang teguh yang disertai dengan ketundukan dan penyerahan jiwa. Tanda-tanda adanya iman ialah mengerjakan apa yang dikehendaki oleh iman itu.

    [14]. Yang ghaib ialah yang tak dapat ditangkap oleh pancaindera. Percaya kepada yang ghjaib yaitu, mengi'tikadkan adanya sesuatu yang maujud yang tidak dapat ditangkap oleh pancaindera, karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya, seperti: adanya Allah, Malaikat-Malaikat, Hari akhirat dan sebagainya.

    [15]. Shalat menurut bahasa 'Arab: doa. Menurut istilah syara' ialah ibadat yang sudah dikenal, yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan salam, yang dikerjakan untuk membuktikan pengabdian dan kerendahan diri kepada Allah. Mendirikan shalat ialah menunaikannya dengan teratur, dengan melangkapi syarat-syarat, rukun-rukun dan adab-adabnya, baik yang lahir ataupun yang batin, seperti khusu', memperhatikan apa yang dibaca dan sebagainya.

    [16]. Rezki: segala yang dapat diambil manfaatnya. Menafkahkan sebagian rezki, ialah memberikan sebagian dari harta yang telah direzkikan oleh Tuhan kepada orang-orang yang disyari'atkan oleh agama memberinya, seperti orang-orang fakir, orang-orang miskin, kaum kerabat, anak-anak yatim dan lain-lain.
    wallahu a'lam

    BalasHapus
  3. nah,, saya setuju sama pernyataan di atas
    saya juga percaya sama hal ghaib

    tapi bukannya banyak bukti bahwa orang yang tidak mempercayai hal gaib seperti kesurupan malah tidak pernah mengalami atau malah melihat sekalipun hal tersebut (kesurupan),
    dan yang sangat mempercayainya (kesurupan) malah lebih sering mengalami/melihat hal tersebut terjadi??

    BalasHapus
  4. kan tadi saya dah katakan anda agama apa?
    kalau islam.
    anda percaya ma orang yang g percaya sama alam ghaib atau percaya sama Allah dan Rasullnya.

    BalasHapus
  5. iya kita percaya dengan ayat itu..tp yg lebih utama adalah keimanan kt..ap pn diri kt,doa kt tp klo keimanan kt tdk kuat maka menyembuhkan orng kesurupn akn kesulitn..mungkn pernah dngar orang gk pernah sholat bs menyembuhkn kesurupn..ternyata orang itu sangat yakin sm allah lah yg palng kuasa didunia maka dy minta sm allah spya dberi kesembuhan dan dy berhasil

    BalasHapus
  6. adik saya kesurupan jin gimana nih cara nyembuhinnya

    BalasHapus
  7. perlu disebar luaskan karena mengandung manfaat keimanan

    BalasHapus
  8. Yang bilang di negeri barat jarang kesurupan sebenarnya dia bodoh,..justru disanalah manusia yg paling banyak kesurupan,.buktinya mereka menolak Allah dan rasulNya,.memakan babi,.membunuh ,memperkosa, merampok,..itu merupakan bukti nyata manusia yang dalam aliran darahnya dirasuki iblis/jin,..he he he he

    BalasHapus
  9. sebenarnya di seluruh dunia kesurupan itu banyak.. krena banyak ahli metafisika di sana.. mungkin iblis/jin menganggap mereka temannya jd gak mau merasuki... wkwkwk

    BalasHapus
  10. Sesuatu yang diyakini akan dikabulkan oleh Allah,....memang orang yg bisa kesurupn kbanyakan org yg percaya ttg itu. tp percaya tdk percaya saya sering menangai org kesurupan bahkan pernah menangani kesurupan masal. Keyakinan adalah sugesti yg sudah masuk dlm Otak dibawah sadar. jika org sudah tertanam apa saja di dlm otak dibawah sadar insyallah akan terjadi. dan memang benar Ayat2 Allahlah yg akan bisa menyembuhkan org kesurupan. dan itupun bukan setiap org bisa baca ayat Allah bs menyembuhkan, tp krn Ucapan dan Hatinya sudah sama putihnya. Kesurupan pun ada 2 kreteria, pertama kesurupan yg memang hilang kesadaran dan kesurupan yg masih sedikit ada kesadaran, Yg hlg kesadaran dia lupa dgn dirinya siapa dan tdk kenal dgn siapapun pdahal dia kenal. tp yg sedikit sadar inilah yg lebih bahaya krna dia Bisa membunuh org lain, memperkosa, mencuri dll itu juga sudah kesurupan setan/jin namun tnpa sadar di sekitar org tsb kalau org itu kesurupan karena tipisnya Iman.

    BalasHapus
  11. آمِيّنْ... آمِيّنْ.... آمِيّنْ.. يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ...

    BalasHapus
  12. apabila ingin terhindar dari goib/kesurupan gampang banxak2lah sholawat..baik dengan sesama muslim/non muslim...dan ANTI KORUPSI..

    BalasHapus
  13. Benarkah kesurupn bsa d smbuhkan dg telepati????

    BalasHapus
  14. sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
  15. Orang yg kesurupan dan di gsnggu syetan orang baik2, ksrena yg tifsk baik2 mslah tdk d ganggu, orang sholat, orang2 yg mau ibadah gangguan syetan lebih hebat, sedang petampok, pembunuh, pemabuk nggk d ganggu krna mmang sudah bersekutu, heheheeeee

    BalasHapus
  16. Orang yg kesurupan dan di gsnggu syetan orang baik2, ksrena yg tifsk baik2 mslah tdk d ganggu, orang sholat, orang2 yg mau ibadah gangguan syetan lebih hebat, sedang petampok, pembunuh, pemabuk nggk d ganggu krna mmang sudah bersekutu, heheheeeee

    BalasHapus
  17. Orang yg kesurupan dan di gsnggu syetan orang baik2, ksrena yg tifsk baik2 mslah tdk d ganggu, orang sholat, orang2 yg mau ibadah gangguan syetan lebih hebat, sedang petampok, pembunuh, pemabuk nggk d ganggu krna mmang sudah bersekutu, heheheeeee

    BalasHapus
  18. Saya setuju ucapan slamet riadi..anda benar.

    BalasHapus
  19. Dengan bismillah...saya pernah mencoba demikian..Allah berkenan..dan korban kesurupan sembuh..tp ada kalanya yang berontak..itu disebabbkan karna apa ....apakah kesucian hati.badan juga .pikiran berpengaruh...

    BalasHapus
  20. Dengan bismillah saya pernah mencoba itu..Allah berkenan..sang kesurupan sembuh...adakalanya yang berontak...apakah kesucian hati.badan juga fikiran sang penyembuh juga berpengaruh...dengan akhir alhkamdulilah untuk segala nikmat..

    BalasHapus
  21. assalamualaikum akhi kariim ... sya ingin dan insya allah dengn izin allah,saya sedang belajar untuk bisa menyembuhkan orang dr gangguan jin/kesurupan ...dan terma kasih atas info ny ^_^

    BalasHapus
  22. setuju, ga perlu repot bagi setan mengganggu orang-orang yang tidak beriman kepada YME yang dan ghaib... karena tujuan utama mereka adalah melemahkan keimanan seseorang bahkan jika perlu menjadi tak beriman..

    BalasHapus
  23. numpang promo blogmin
    pencarisetetesilmu.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum.. Saya sering kesurupan tp setengah badan.. Dan saya terkadang tanpa sengaja melihat makhluk gaib dlm berbeda bentuk dan saya suka merasakan energi yg berat dan membuat tidak nyaman di badan jika pada suatu tempat tertentu. Bisa bantu saya menjelaskan ada apa di diri saya.. Terima kasih

    BalasHapus
  25. Murid saya kesurupan.tiap hari sampe 30 org lebih sudah seminggu lebih.sudah kami lakukan pengajian sampe mendatangkan ustad...

    BalasHapus

Copyright © 2013 Artikel As-Sunnah.