Hukum Makan Bekicot

Kita tidak boleh mengklaim suatu makanan itu halal atau haram tanpa dalil dari Al-Qur'an dan hadist yang shahih. Bila seseorang mengharamkan tanpa dalil, maka dia telah membuat kedustaan kepada Allah. Firman Allah :

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta "ini halal dan ini haram", untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung. (QS.An Nahl: 116)

Karena asal hukum makanan baik dari hewan, tumbuhan, laut maupun daratan adalah halal sesuai dengan firman Allah:

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi "(QS Al Baqarah: 168)

Maka Alah tidak merinci satu persatu makanan halal di Al-Qur'an begitu pula tidak dirinci dalam hadits Rasulullah saw. Namun untuk makanan haram Allah telah merinci secara detail dalam Al-Qur'an atau melalui lisan RasulNya. Allah berfirman :
"Sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya
atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya" (QS. Al-An'am: 119)

Mengenai perincian makanan haram bisa dilihat dalam surat Al-Maidah ayat 3
sbb:

"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya" (QS. Al-Maidah: 3)

Makanan haram dari ayat diatas dapat digolongkan menjadi.


1. Semua bangkai, kecuali bangkai ikan dan belalang, bangkai yang terapung di laut.
2. Darah yang mengalir kecuali hati dan limpa, sisa-sisa darah yang menempel pada daging atau leher setelah disembelih.
3. Semua bagian dari babi haram termasuk minyaknya.
4. Sembelihan tanpa menyebut asma Allah
5. Hewan yang diterkam binatang buas kecuali binatang yang diterkam masih hidup misal tangan/kaki masih bergerak-gerak kemudian kita sembelih secara syar'1i maka dagingnya halal.
6. Binatang buas yang bertaring, yaiyu binatang yang memiliki taring atau kuku tajam untuk melawan melawan manusia seperti serigala,singa, anjing, macan tutul, harimau, beruang, kera, gajah, dan sejenisnya. Kecuali musang termasuk halal.


7. Burung yang berkuku tajam, seperti burung garuda,elang,dan sejenisnya.
8. Khimar ahliyyah (keledai jinak) dan bighal haram sedang kuda dan keledai liar halal
9 Al-Jallalah adalh setiap hewan baik hewan berkaki empat maupun berkaki dua yang makanan pokoknya adalah kotoran-kotoran seperti kotoran manusia/hewan dan sejenisnya. Tapi bila sifat makannya kadang-kadang tidak haram contohnya ayam,dll.
10. Ad-Dhab (hewan sejenis biawak) bagi yang merasa jijik darinya. Rasululah tidak memakannya tapi juga tidak melarang.

11. Hewan yang diperintahkan agama supaya dibunuh.


Dari Aisyah berkata: Rasulullah bersabda: lima hewan fasik yang hendaknya dibunuh, baik di tanah halal maupun haram yaitu ular, gagak, tikus,anjing hitam (HR Muslim no. 1198 dan Bukhori no. 1829 dengan lafadz "kalajengking" gantinya "ular")

Setiap binatang yang diperintahkan oleh Rasulullah untuk dibunuh maka tidak ada sembelihan baginya, karena Rasulullah melarang dari meyia-nyiakan harta dan tidak halal membunuh binatang yang dimakan.

Dari Ummu Syarik berkata bahwa Nabi memerintahkan supaya membunuh tokek/cecak (HR Bukhori no. 3359 dan Muslim no. 2237). Tokok dan cecak haram dimakan.

12. Hewan yang dilarang untuk dibunuh
"Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah melarang membunuh empat hewan: semut, tawon, burung hud-hud dan burung surad. (Hr Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan dishahihkan Baihaqi dan Ibnu Hajar)

Imam Syafi'i dan para sahabatnya mengatakan: "Setiap hewan yang dilarang dibunuh berarti tidak boleh dimakan, karena seandainya boleh dimakan, tentu tidak akan dilarang membunuhnya.

Haramnya hewan-hewan di atas merupakan pendapat mayoritas ahli ilmu sekalipun ada perselisihan di dalamnya kecuali semut, nampaknya disepakati keharamannya.

13. Binatang yang hidup di dua alam karena tidak ada dalil dari Al-Qur'an dan hadist shahih yang menjelaskan tentang haramnya hewan yang hidup di dua alam (laut dan darat). Dengan demikian maka asal hukumnya adalah halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Jadi: Kepiting , kura-kura, penyu, anjing laut adalah halal. untuk Katak baik didarat atau dilaut hukumnya haram secara mutlak menurut pendapat yang rajih termasuk jhewan yang dilarang dibunuh.

Mengenai penanya yang menanyakan hukum makan bekicot memang uraian diatas
kelihatannya belum masuk , maka kita melihat firman Allah :

"Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk" (QS. Al-A'Raf: 157).

Makna : segala yang baik adalah lezat/enak, tidak membahayakan, bersih atau halal.
(Fathul Bari (9/518) oleh Ibnu Hajar)


Makna segala yang buruk berarti sesuatu yang menjijikkan seperti barang-barang najis,kotoran atau hewan-hewan sejenis ulat,kumbang, jangkrik, tikus, tokek/cecak, kalajengking, ular dan sebagainya. sebagaimana pendapat Abu Hanifah dan Syafi'i (lihat Al-Mughni (13/317) oleh Ibnu Qudamah) dan sesuatu yang membahayakan seperti racun, narkoba dengan aneka jenisnya, rokok dsb.

Dari definisi diatas masalah Bekicot menurut saya pribadi bersifat subjektif , yang jelas asalnya halal namun bila antum memandang bekicot tidak menjijikan mungkin boleh dimakan namun bila merasa jijik tentusaja bisa digolongkan haram. Namun bila ragu-ragu sebaiknya jangan dimakan. Sumber : Al-Furqon edisi 12 Th.II

Semoga bermanfaat dan sengaja saya ringkas dan tidak menuliskan semua dalilnya.
Penghasilan tambahan hanya bermodalkan Hp & Tablet Android ( $ 5 - 10 Per Hari)

25 komentar:

  1. afwan setahu ana musang itu bertaring apakah musang itu tidak haram?apa sebapnya dihalalkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkim musang di arab lain, tidak mau tangkap dan makan ayam. Lain dengan musang di Indonesia, anak ayam saya saja habis dimakannya. Benar" binatang buas. Klo musang di sini saya yakin pasti haram.! Nga tau ya klo di Arab..? Hadist" itu kan menyebut hewan yang ada disana.

      Hapus
  2. afwan akh ana jug kurang mengerti masalah itu
    insya allah nanti ana cari hukumnya

    BalasHapus
  3. assalamualaikum,
    maaf afan, ketika ana mengaji masalah makanan itu ada syarat yang perlu dipenuhi pertama yang mengkaji salah satu nya adalah orang yang menetapkan adalah orang ahli, kaya berilmu dan beberapa kriteria, dijaman sahabat telah pernah dilakukan ijmak makanan yang hampir sama. maka benar-benar dan tidak hanya dengan 3 kriteria itu yang harus dipenuhi. maaf kalau gak berkenan. mohon dikaji ulang.

    BalasHapus
  4. tolong ada kajian tambahan lain, karena ada kriteria untuk yang melakukan ijtihat hukum itu. belum dicantumkan

    BalasHapus
  5. @399950775652360219.0
    ni saya nukil dari majalah Al Furqon

    BalasHapus
  6. hewan yg halal harus di sembelih,, la bekicot gimana nyembelihnya, berartii haram. walloh walam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. punten..menurut saya klo d lihat dari permasalahan menyemblihnya saja, krg akurat, bgaimana dgan belalang, yg sulit jk d smbelih sdgakan belalang itu adlah halal.wallahualam..makasih

      Hapus
  7. Sepertinya yang dimaksud bukanlah musang. tetapi Hyena, seperti yang ana pernah baca di Bulughul maram. Inysa Allah

    BalasHapus
  8. untuk amannya makan yg udah jelas halalnya aja dah

    BalasHapus
  9. Makanan subhat dpt mnjdkan hti qt gelap, so mkan yg bnar2 halal ja dech

    BalasHapus
  10. @7203927038009495451.0
    Artikel yang sangat mencerahkan,Syukron

    BalasHapus
  11. @maslaksono, trus kalo ikan teri gimana sembelihnya?... To : admin, thanks artikelnya menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  12. Pada pembahasan tentang hukum makan bekicot ini terdapat tulisan "Kecuali musang termasuk halal", berbeda dengan tulisan "Adapun musang adalah haram" pada artikel http://abul-jauzaa.blogspot.com/2009/08/halalnya-daging-hyena.html
    Apakah memang ada selisih pendapat juga di antara ulama tentang halal-haramnya daging musang?

    BalasHapus
  13. terimakasih infonya sob !

    SALAM BLOGGER ! :-D

    BalasHapus
  14. jelas2 dr kotoran hewan luwak harusnya haram. trus
    lebih menjijikan mana kotoran luwak sama bekicot?

    bekicot cuma makan tumbuhan
    luwak makan ayam,kopi,serangga

    BalasHapus
  15. assalamualaikum

    klo sya ingn memelihara gagak gmna hkumnya?? brung itu cerdas jg prnah dijelaskan di alquran dan sy ingn mnjga baik"..

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    kalo saya ingin membeli gagak untuk dipelihara dng baik” bagaimana hkumnya? krna gagak jg brung yg cerdas trtera dlm al quran

    BalasHapus
  17. assalamualaikum,mhn mf sy ingin mengomentari tntang jangkrik apakah jangkrik sejenis belalang atau bukan?kalau sejenis berarti halal dong!dan setahu saya jangkrik itu makanannya dedaunan dan umbi2an jd jauh dari binatang yg tergolong dari binatang yg menjijikan/jorok,mhn dikaji lagi! syukron.

    BalasHapus
  18. Artikel yang bermanfaat.
    Jazakallahu khairon.....

    BalasHapus
  19. terimakasih, sekaang ini banyak rumah makan yang menyediakan menu Bekicot, saya juga masih mencari cari tahu apakah hukumnya halal atau haram, makasih telah dijelaskan sperti diatas

    BalasHapus
  20. mungkin benar bekicot halal.namun yg mngharamkan cara memakannya,perlu antum telaah kembali bhwa hewan yg halal dagingnya tanpa disembelih dalam hadits nabi yg shahih hanya ada dua yaitu ikan dan belalang. sdangkan dimasyrakat bisanya bekicot dmakan tnpa dsmbelih. jd keharamannya jelas.

    BalasHapus
  21. mgkin bekicot hukumnya memag halal krn tdk ada dalil yg tegas tntang keharamannya. menurut hemat sy yg mgharamkan adl cara memakannya dmn hmpr stiap orang mmakan bekicot tnpa dsmbelih, coba antum telaah kembali dalam hadits yg shahih hewan yg boleh dmakan tnpa dsmblih hanya ada dua yaitu ikan dan belalang,

    BalasHapus
  22. Bekicot makanan yang tinggi protein , mengenai hukum yang jelas daging bekicot itu halal apa haram bagi muslim ??

    BalasHapus

Copyright © 2013 Artikel As-Sunnah.